Kegiatan KMHD Undip Periode 2012/2013

Berikut ini adalah kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan oleh KMHD Undip periode 2012/2013.

36.Menyelenggarakan Pemilihan Ketua Baru KMHD Undip Periode 2013/2014, 15 Desember 2013

Setelah penyampaiaan Laporan Pertanggungjawaban pengurus periode 2012/2013, KMHD Undip menyelenggarakan pemilihan ketua baru KMHD Undip pada hari yang sama. Calon ketua adalah I Dewa Ayu Intan Pradnyadari(Akuntansi/2011/Semester V), I Made Wira Karisma, (Teknik Perkapalan/2012/Semester III), dan I Gusti Krishna Aditama(Hubungan Internasional/2012/Semester III). Yang terpilih sebagai ketua baru KMHD Undip, periode 2013/2014, adalah I Made Wira Karisma (klik untuk melihat profil). Selanjutnya dilakukan serah terima jabatan dari ketua periode 2012/2013, I Putu Hatesa T.Z., kepada ketua baru KMHD Undip.

35.Menyampaikan Laporan Pertanggungjawaban Pengurus 2012/2013, 15 Desember 2013

Pengurus periode 2012/2013 menyampaikan Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) pengurus dalam rapat umum di Pura Agung Giri Natha Semarang pada 15 Desember 2013 pukul 13.00. Penyampaian LPJ ini juga merupakan bentuk berakhirnya kepengurusan KMHD Undip periode 2012/2013.

34.Menyusun dan Menetapkan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga KMHD Undip, 8 Desember 2013 (Penetapan)

Pembuatan Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART) KMHD Undip merupakan sebuah proses yang panjang. Kegiatan ini dimulai dari studi banding ke KMHD UGM bersama dengan KMHD UNS untuk mengetahui kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh tiap KMHD. Kegiatan  selanjutnya adalah menggunakan AD dan ART KMHD UGM, KMHDI, dan KMHD lain di perguruan tinggi di Indonesia sebagai perbandingan dalam menyusun AD/ART. Setelah beberapa kali rapat pembahasan AD dan ART KMHD Undip, pada tanggal 8 Desember 2013 AD dan ART KMHD Undip ditetapkan di Pura Agung Giri Natha Semarang, pada pukul 17.00 WIB.

33.Berperan Aktif dalam Forum Lintas Etnis (Perantara)

Forum ini merupakan forum etnis seluruh Indonesia yang dibentuk untuk menjalin silaturahmi dan komunikasi antaretnis di Semarang. Berikut ini adalah foto perwakilan KMHD Undip dalam forum Perantara, berturut-turut I Gusti Krishna Aditama dan Kadek Dwi Wirawan Sadia.

32.Mengikuti Seminar Jurnalistik yang diadakan TVRI dan Membuat Drama “Hidup Sederhana,” 30 November—1 Desember 2013

TVRI Kota Semarang mengundang KMHD Undip untuk mengikuti Seminar Jurnalistik bertempat di Pura Amertha Sari, Telogo Sari, pada Sabtu 30 November 2013. Setelah seminar, pada Minggu sampai dengan Senin, 1—2  Desember 2013, anggota KMHD Undip membuat drama yang kemudian direkam dengan kamera film.

31.Mengikuti kegiatan 8th Hindu for Generation yang diadakan KMHD UI, 16—17 November 2013

KMHD Undip memenuhi undangan KMHD Universitas Indonesia untuk mengikuti kegiatan 8th for Generation bertempat di kampus FISIP UI pada 16—17 November 2013. Acara ini berupa dharmawacana, hiburan, sharing antar-KMHD yang hadir, dan lain-lain.

30.Menyelenggarakan Makrab Pemuda Hindu (Hysteria) bersama Peradah, 12—13 Oktober 2013

Karena anggota yang sangat aktif di Pura Agung Giri Natha, KMHD Undip diberi kepercayaan oleh Peradah sebagai panitia inti yang menyelenggarakan malam keakraban pemuda Hindu atau Hysteria (Hindu Youth Euphoria) pada 12—13 Oktober 2013 Makrab ini dihadiri oleh pemuda Hindu yang sedang menuntut ilmu di berbagai perguruan tinggi di Kota Semarang. Jumlah peserta Hysteria ini adalah 36 orang.

29.Mengikuti Peradah Art Festival dan Menampilkan Drama “Terjadinya Selat Bali,” 22 Juni 2013

Peradah Art Festival (PAF) merupakan pentas seni yang diadakan oleh Peradah (Perhimpunan Pemuda Hindu) Kota Semarang pada 22 Juni 2013 KMHD Undip berpartisipasi dengan menjadi panitia pelaksana kegiatan ini dan menampilkan drama religius berjudul “Terjadinya Selat Bali.”

28.Membuat Jaket KMHD Undip

Selain untuk membuat salah satu identitas diri berupa jaket, pembuatan jaket ini merupakan salah satu upaya untuk menggali dana bagi KMHD Undip. Jumlah anggota KMHD Undip yang membuat jaket pada gelombang pertama adalah sebanyak 43 orang sedangkan pada gelombang kedua adalah sebanyak 22 orang. Harga jaket adalah sebesar Rp140.000,00 dengan total keuntungan sebesar Rp1.410.000,00.

27.Ngayah sebelum Kuningan (2 November 2013)

Satu minggu sebelum hari raya Kuningan tanggal 2 November 2013, anggota KMHD Undip membantu umat Hindu di Pura Amertha Sari, Telogo Sari. Di masa depan diharapkan kegiatan ngayah seperti ini diperbanyak jumlahnya baik di Pura Agung Giri Natha atau di Pura Amertha Sari, Telogo Sari.

26.Mengadakan Outbond ke Umbul Sidomukti, 14 Oktober 2013

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka menyegarkan pikiran anggota KMHD Undip dan mempererat persaudaraan di antara anggota KMHD Undip. Wahana di Umbul Sidomukti yang digunakan antara lain Marine Bridge, Flying Fox, Bombom Car, dan kolam renang.

25.Berpartisipasi dalam Acara Persembahyangan di Pura Agung Giri Natha

Pemuda Hindu KMHD Undip berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan persembahyangan di Pura Agung  Giri Natha Semarang dengan membantu pembagian dupa dan pengambilan dana punia dengan mengumpulkan kuangen setelah persembahyangan selesai.

24.Membuat Kuangen dan Canang

Setiap sehari sebelum hari Purnama, Tilem, atau hari besar keagamaan, anggota KMHD Undip membuat kuangen dan canang di Pura Agung Giri Natha. Pembuatan kuangen merupakan salah satu bentuk kegiatan ngayah anggota KMHD Undip bersama dengan pemuda Hindu kota Semarang.

Pembuatan canang merupakan salah satu bagian usaha dana KMHD Undip. Canang yang dibuat dijual hari Minggu pagi pada minggu ke-2 sampai dengan ke-4 di pura dan dijual saat persembahyangan Purnama, Tilem, atau hari besar keagamaan di Pura Agung Giri Natha.

23.Mengikuti Yoga (Jumat pukul 17.00) dan Meditasi (Minggu pukul 17.00)

Untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan fisik, pikiran, dan jiwa, anggota KMHD Undip mengikuti yoga di Pura Agung Giri Natha Semarang.

22.Ngerujak Bareng

Sebagai salah satu cara menarik minat anggota KMHD Undip untuk berkumpul, diadakan acara ngerujak bareng di Pura Agung Giri Natha. Ngerujak bareng diadakan saat membuat canang (malam minggu) atau hari minggu siang/sore.

21.Jalan Sehat di Simpang Lima

KMHD Undip mewakili pemuda Hindu dalam kegiatan jalan sehat bersama antarumat beragama pada bulan November 2013. Selain itu, terdapat beberapa kali jalan sehat bersama yang dilakukan secara mandiri oleh anggota KMHD Undip di seputaran simpang lima.

20.Karaokean Bareng Anggota KMHD Undip

Karaokean bersama digagas pengurus KMHD Undip atau anggota KMHD Undip. Dalam periode 2012/2013 karaokean bersama dilaksanakan sebanyak tiga kali masing-masing di Inul Vizta.

19.Mengikuti Seminar Bahaya Narkoba, 25 Agustus 2013

Acara ini akan dilaksanakan pada Minggu, 25 Agustus 2013 pukul 09.00 WIB di Pura Agung Giri Natha, Semarang yang diadakan oleh Wanita Hindu Dharma Indonesia (WHDI) Kota Semarang.

18.Mengikuti Dialog Lintas Agama, 23 Juni 2013

Dialog lintas agama ini bertema “Peran Generasi Muda dalam Menciptakan Harmoni Kehidupan Beragama” yang diadakan oleh Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Semarang pada 23 Juni 2013 di Hotel Sriwijaya.

17.Mengikuti Lomba Tari Bali UGM, 25 Mei 2013

KMHD Undip diwakili oleh Juita Amare Putri dan Ni Putu Sriyusielani Dyatmika dalam lomba tari ini. Dalam lomba tari ini, KMHD Undip tidak memperoleh juara. Semoga di tahun depan dapat lebih baik. Anggota KMHD Undip yang hadir dalam perlombaan ini selain dua penari adalah I Putu Hatesa T.Z., I Gusti Krishna Aditama, dan Gede Parguna Wisesa. KMHD Undip menyewa mobil Avanza di salah satu travel di Jalan Tirto Agung dan digunakan selama satu hari.

  1. Tirtayatra ke Mijen, 18 Mei 2013

Pada Sabtu, 18 Mei 2013, KMHD Undip melaksanakan Tirtayatra ke daerah Mijen, yang diketuai oleh Lutfhan Ardiansyah. Karena lokasi yang tidak jauh dari Kota Semarang, alat transportasi yang digunakan adalah kendaraan bermotor.  Anggota KMHD Undip berangkat pukul 08.00 WIB setelah terlebih dahulu berkumpul di SPBU Undip.

Dalam Tirtayatra ini, KMHD Undip mengunjungi dua pura yang ada di daerah Mijen. Acara Tirtayatra ini berupa mempersembahkan banten, sembahyang bersama, diskusi dengan pengempon pura, foto bersama, dan pemberian dana punia. Dalam diskusi yang dilakukan, anggota KMHD Undip memperoleh wejangan yang berharga dari pemangku yang mengempon dua pura di Mijen.

Sekitar pukul 13.00 WIB, anggota KMHD Undip beristirahat dan makan siang di salah satu warung di Mijen. Setelah itu, anggota KMHD Undip kembali ke Kota Semarang. Perjalanan singkat dan mengesankan, sebagaimana diungkapkan oleh salah satu anggota Undip sebagai “Good Experience.”

15.Pembuatan Website KMHD Undip (kmhdundip.org), 8 Mei 2013

Puji syukur ke hadapan Ide Sang Hyang Widhi Wasa, Keluarga Mahasiswa Hindu Dharma Universitas Diponegoro (KMHD Undip) telah memiliki situs sendiri dengan alamat kmhdundip.org. Situs ini diharapkan dapat menjadi sarana berbagai informasi  yang efektif tentang kegiatan-kegiatan KMHD Undip dan informasi yang relevan lainnya kepada pihak internal maupun eksternal KMHD Undip. 

Domain kmhdundip.org diperoleh pada Jumat, 8 Mei 2013, melalui masterwebnet.com. Hosting untuk website ini berasal dari  idhostinger.com yang didaftarkan pada Sabtu, 9 Mei 2013. Portal dan Content Management System (CMS) yang digunakan adalah Joomla versi 3.

  1. Renang Bersama

Untuk menyegarkan fisik, KMHD Undip mengajak anggotanya untuk renang bersama di Kolam Renang Diponegoro Kodam Banyumanik dan di kolam di perumahan Graha Padma Semarang.

  1. Studi Banding bersama KMHD UNS ke KMHD UGM, 29 Maret 2013

Sebagai sebuah organisasi yang baru terbentuk, KMHD Undip memerlukan masukan kegiatan apa saja yang  dapat dilaksanakan. Untuk tujuan itu, KMHD Undip mengadakan studi banding ke KMHD UGM dengan mengajak KMHD UNS. Komandan studi banding ini adalah Luh Astla Diva Savitri.

Bertempat di Pura Jagatnatha Yogyakarta, acara studi banding ini berupa sembahyang bersama di lokasi, pemaparan program kerja atau kegiatan yang telah dan akan dilaksanakan oleh tiap KMHD, tanya jawab antara KMHD, ramah tamah, dan foto bersama. Dalam studi banding ini, KMHD juga meminta Anggaran Dasar (AD) dan Anggara Rumah Tangga (ART) KMHD UGM sebagai bahan perbandingan KMHD Undip dalam menyusun AD dan ART.

Setelah selesai acara studi banding, anggota KMHD Undip berkunjung ke Marioboro dan sekitarnya. KMHD Undip kembali ke Semarang pukul 21.00 WIB setelah makan malam di Rumah Makan Serba Jamur.

  1. Futsal Bersama, 22 Maret 2013

Anggota KMHD Undip mengadakan futsal bersama dengan pemuda Hindu Semarang bertempat di Dewa Futsal Tembalang. Futsal bersama ini bertujuan menjalin keakraban anggota KMHD Undip dengan pemuda Hindu Semarang.

11.Mengadakan Bimbingan Kerohanian di Fakultas Kedokteran, 22 Maret 13

Bimbingan kerohanian ini diisi oleh Pembina KMHD Undip, Dr. Wayan Sukarya Dilaga, M.S. Bimbingan kerohanian ini membahas tentang semangat dan peran mahasiswa sebagai pemuda Hindu.

  1. Nyepi Bersama di Pura Agung Giri Natha, 13 Maret 2013

Dalam Nyepi 1935, segenap anggota KMHD Undip bersama dengan pemuda Hindu Semarang melaksanakan brata penyepian di Pura Agung Giri Natha Semarang.

  1. Penampilan Tim Baleganjur dalam Rangkaian Nyepi 1935, 9 Maret 2013

Dalam rangkaian Nyepi 2013, anggota KMHD Undip yang tergabung dalam Tim Baleganjur Puspa Giri Muda Semarang, berpartisipasi dalam Melasti serta Karnaval Seni Budaya dan Ogoh-Ogoh. Lokasi tujuan Melasti adalah Pantai Marina Semarang sedangkan lokasi Karnaval Seni Budaya dan Ogoh-Ogoh adalah Balaikota Semarang-Jalan Pemuda-Tugu Muda-Pandanaran-Simpang Lima. Tim kemudian, bersama dengan sanggar Tari Saraswati, menampilkan cerita Ramayana di Simpang Lima Semarang.

<iframe width=”420″ height=”315″ src=”//www.youtube.com/embed/ZJqm1av5T5M” frameborder=”0″ allowfullscreen></iframe>

<iframe width=”640″ height=”360″ src=”//www.youtube.com/embed/CP4H9TygVH4?feature=player_embedded” frameborder=”0″ allowfullscreen></iframe>

  1. Latihan Gamelan di Pura Agung Giri Natha, Sabtu pukul 16.00 WIB

Setiap Sabtu sore, pukul 16.00 WIB, anggota KMHD Undip yang memiliki minat di bidang seni mengikuti latihan gamelan atau baleganjur di Pura Agung Giri Natha.

  1. Lomba Nyepi 2013 (Pembacaan Sloka dan Palawakya serta Pembuatan Canang Sari), 24 Februari 2013

Lomba ini diselenggarakan oleh Panitia Nyepi 2013 berlokasi di Pura Agung Giri Natha Semarang. Dalam lomba ini KMHD Undip mengirimkan dua orang wakil, Luh Juita Amare Putri dan Putu Carisa Paramytha Dewi, untuk mengikuti lomba Palawakya, Pembacaan Sloka, dan pembuatan canang sari. Dalam lomba ini, KMHD Undip memperoleh juara II Palawakya dan juara III pembuatan Canang Sari.

  1. Sosialisasi Undip, 6 s.d. 22 Februari 2013

Setelah mengajukan izin ke kampus Undip dan memperoleh izin, KMHD Undip melakukan sosialisasi tentang penerimaan mahasiswa baru Undip Tahun Ajaran 2013/2014. Ketua Pelaksana Sosialisasi ini adalah I Gusti Agung Aditya Surya Wibawa, mahasiswa jurusan Geologi Undip 2011 (semester III ketika itu). Sosialisasi ini dilaksanakan di SMA Negeri 4 Denpasar (6 Februari 2013), SMA Negeri 3 Denpasar (15 Februari 2013), SMA Santo Carolus Denpasar (16 Februari 2013), serta SMA Negeri  2 dan SMA Bali Mandara Singaraja (22 Februari 2013).

  1. Pembuatan Media Sosial KMHD Undip

Media sosial KMHD Undip terdiri dari facebook dan twitter. Selain itu, KMHD Undip memiliki dua alamat email, grup di Blackberry, grup di Whatsapp, dan grup di Line.

a.Grup dan Halaman Facebook KMHD Undip

Grup Facebook KMHD Undip bernama “KMHD Undip.”

b.Twitter KMHD Undip

Grup Twitter KMHD Undip bernama “KMHD Undip.”

c.Grup Whatsapp, Blackberry, dan Line

KMHD Undip memiliki grup di Whatsapp, Blackberry, dan Line dengan nama masing-masing “KMHD Undip.”

d.Email dan Youtube KMHD Undip

Email KMHD Undip terdiri dari kmhdundip@gmail.com, dan kmhdundp@yahoo.co.id. KMHD Undip juga memiliki akun Youtube.

  1. Sembahyang Bersama menjelang UAS, 29 Desember 2013

Setiap menjelang Ujian Akhir Semester (UAS) dan Ujian Tengah Semester (UTS), KMHD Undip melaksanakan persembahyangan bersama (matur piuning). Persembahyangan ini bertempat di Pura Agung Giri Natha Semarang dengan banten dan pemangku oleh Bapak Dewa Sayang. Persembahyangan ini bukan hanya untuk memohon petunjuk dan bimbingan dalam ujian yang akan dihadapi anggota KMHD Undip yang melaksanakan persembahyangan, tetapi juga termasuk untuk seluruh anggota KMHD Undip.

 

  1. Pengajuan organisasi KMHD Undip sebagai UKM di Undip

Pengajuan organisasi KMHD Undip sebagai salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa di lingkungan kampus Undip telah dilaksanakan. Berkas yang diperlukan sebagai syarat pembentukan UKM telah dimasukkan ke kampus, mulai dari Surat Pengajuan, Surat Keterangan PHDI Kota Semarang, Susunan Pengurus KMHD Undip, Daftar Anggota KMHD Undip, daftar kegiatan yang akan dilaksanakan oleh KMHD Undip, dan daftar realisasi kegiatan yang telah dilaksanakan oleh KMHD Undip.

 

Sampai dengan tulisan ini dibuat, KMHD Undip masih masuk dalam daftar UKM baru yang diajukan ke kampus bersama dengan organisasi kesenian Rebana. Surat Keputusan (SK) UKM bukan SK individual, tetapi satu SK mencakup seluruh UKM yang ada di Undip. Dengan demikian, disahkannya UKM KMHD Undip bersamaan dengan terbitnya SK yang mendaftar seluruh UKM yang ada di kampus Undip, , yang kemungkinan, bila disetujui, akan ditetapkan pada bulan Januari atau Februari 2014.

 

  1. Pemilihan Ketua KMHD Undip, 2 November 2012

Pemilihan Ketua KMHD Undip diselenggarakan oleh Tim Formatur KMHD Undip bertempat di Pura Agung Giri Natha Semarang. Dalam pemilihan ketua ini hadir dua dosen Hindu Undip, Bapak Wayan Sukarya Dilaga, M.S. dan Bapak Nyoman Romangsi. Dalam pemilihan ini, calon ketua yang dipilih peserta rapat adalah Kadek D.W. SadiaMade Wira Karisma, dan I Putu Hatesa T.Z. Ketua terpilih adalah I Putu Hatesa T.Z. Terpilihnya ketua KMHD Undip yang pertama ini merupakan tonggak berdirinya KMHD Undip.

 

Ketua terpilih selanjutnya menetapka visi, misi, dan program kerja/kegiatan. Berikut ini adalah visi, misi, dan program kerja/kegiatan KMHD Undip periode2012/2013.

 

a.Visi

Visi KMHD Undip Periode 2012/2013 adalah mempersatukan mahasiswa dan alumni Hindu Universitas Diponegoro dalam suatu ikatan penuh rasa kekeluargaan, kekompakan, dan kebersamaan.

 

b.Misi

Misi KHMD Undip untuk mencapai visi tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Mengadakan kegiatan-kegiatan yang memungkinkan mahasiswa dan alumni Hindu Undip dalam berkumpul dan dalam suasana besahabat, ceria, dan solid.
  2. Mengadakan kegiatan dengan memperhatikan waktu dan kesanggupan mahasiswa dan alumni KMHD Undip.
  3. Menciptakan suasana dan sistem di mana mahasiswa dan alumni Hindu Undip berusaha bersama-sama merangkul dan mengajak mahasiswa dan alumni Hindu Undip yang kurang atau tidak aktif di KMHD Undip.
  4. Menciptakan suasana dan sistem yang memungkinkan seluruh anggota KKMHD memahami permasalahan dan kesulitan yang dihadapi anggota KMHD Undip lainnya dan selanjutnya secara bersama-sama berusaha mencari solusinya.
  5. Menciptakan suasana dan sistem yang mendorong mahsiswa dan alumni Hindu Undip untuk senang berkumpul bersama.
  6. Mendorong terjadinya aktualisasi diri dan segala potensi anggota KMHD Undip.
  7. Memotivasi anggota KMHD Undip agar tetap bersemangat dalam mengikuti kegiatan-kegiatan KMHD Undip dan dalam kehidupan perkuliahan serta dalam kehidupan sehari-hari pada umumnya.
  8. Menciptakan suasana dan sistem yang memungkinkan terjadinya sharing pengetahuan dan pengalaman antar anggota KMHD Undip atau dari luar KMHD Undip.
  9. Mendorong anggota KMHD Undip menjadi mahasiswa yang kritis dan peka terhadap kehidupan sekitarnya pada umumnya dan terhadap Hindu pada khususnya.
  10. Memperjuangkan sampai berhasilnya KMHD Undip menjadi Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di Lingkungan Kampus Universitas Diponegoro.
  11. Ikut berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan lingkup nasional dan lokal.
  12. Mengadakan kegitan-kegiatan yang dapat menunjukkan eksistensi dan peran KMHD Undip.
  13. Menciptakan sumber pendanaan yang cukup dan stabil bagi KMHD Undip.
  14. Memberi nilai tambah bagi pengembangan sumber daya manusia anggota KMHD Undip.
  15. Mensosialisasikan Undip ke sekolah-sekolah terutama untuk mendorong siswa Hindu untuk menempuh pendidikan di Universitas Diponegoro.
  16. Mendata secara lengkap mahasiswa dan alumni Hindu Undip.
  17. Program Kerja/Kegiatan-Kegiatan KMHD Undip

Program kerja atau kegiatan-kegiatan yang direncanakan oleh KMHD Undip periode 2012/2013 adalah sebagai berikut.

  1. Mengadakan makrab antara mahasiswa dan alumni Hindu Undip.
  2. Mengadakan acara-acara yang dapat meningkatkan keeratan antara anggota KMHD Undip, misalnya mengadakan acara nonton bersama, renang bersama, jalan-jalan bersama, ngerujak bareng, dan futsal bersama.
  3. Mengadakan acara siraman rohani pada hari Jumat siang di Kampus Undip.
  4. Mengadakan latihan gamelan dan atau tari.
  5. Mengadakan kemah.
  6. Mengadakan Tirtayatra/Dharmayatra.
  7. Pulang bersama ke Bali dengan bus atau pesawat.
  8. Mengadakan usaha-usaha untuk memperoleh sumber pendanaan KMHD Undip.
  9. Mengadakan touring ke berbagai kota/daerah.
  10. Membantu sosialisasi tentang kampus Undip secara luas melalui website, facebook, twitter, atau sosialisasi langsung ke SMA-SMA di Bali.
  11. Membuat situs KMHD Undip.
  12. Mengadakan bimbingan belajar bagi mahasiswa Hindu Undip menjelang ujian.
  13. Mengadakan studi banding ke perguruan tinggi lain.

Program kerja bila Undip telah menjadi Unit Kegiatan Mahasiswa:

  1. Mengadakan kegiatan-kegiatan yang dapat menunjukkan peran dan eksistensi KMHD Undip, seperti Ekspo Organisasi Daerah yang ada di Kampus Undip, perlombaan olahraga antarfakultas, dan sebagainya.
    15. Menampilkan kesenian dan budaya Bali pada kegiatan-kegiatan di kampus atau di pura atau di Semarang.
    16. Mengadakan bakti sosial.
    17. Mengadakan Dharmasanthi/Dharmatula.
    18. Mengadakan bazaar di Semarang dan atau di Bali.
  2. Mengadakan Try Out memasuki Kampus Undip di Denpasar dan atau Semarang.

Berikut ini adalah foto pengurus pertama KMHD Undip, berturut-turut dari kanan atas ke kiri bawah Ketua Umum, Sekretaris Umum, Bendahara Umum, Wakil I Sekretaris, Wakil II Sekretaris, Wakil I Bendahara, Wakil II Bendahara, Kepala Bidang Dana Usaha, Kepala Bidang Kesenian, Kepala Bidang Hubungan Masyarakat dan Kreatif, Kepala Subbidang Humas, Kepala Subbidang Kreatif, dan Kepala Bidang Olahraga.

  1. Pembentukan Tim Formatur, 15 September 2012

Tim Formatur adalah tim perintis atau pelopor yang menggagas terbentuknya organisasi Keluarga Mahasiswa Hindu Dharma Universitas Diponegoro (KMHD Undip), mempersiapkan segala segala sesuatu dan melakukan tindakan-tindakan dalam rangka pembentukan KMHD Undip. Tim ini berperan sebagai fasilitator selama proses pembentukan organisasi dan kepengurusan KMHD UNDIP mulai dari perumusan rencana, sosialisasi rencana, pemerolehan masukan dan persetujuan dari berbagai pihak terkait, pemilihan dan penetapan ketua KMHD UNDIP, perumusan dan penyusunan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga KMHD UNDIP, serta asistensi jalannya KMHD UNDIP yang telah terbentuk sampai menjadi organisasi yang mandiri. Masa jabatan Tim Formatur KMHD UNDIP adalah sejak perumusan rencana pembentukan KMHD UNDIP sampai dengan terbentuknya organisasi dan kepengurusan KMHD UNDIP yang mandiri.

 

Tim Formatur KMHD Undip terdiri dari I Putu Hatesa T.Z., I Gusti Krishna Aditama, Ni Made Martiniasih,  Made Wira Karisma, Wayan Chitra Septiana, Luh Astla Diva Savitri, Kadek Dwi Wirawan Sadia, Komang Mustiawan, Ni Putu Tasya Savitri, Luh Juita Amare Putri, Dewa Ayu Anggi Gharbelasari, Gede Putra Wijaya, Wahyu Satria Wana Putra Wijaya, Made Mahadipa Budi Satria, Galang Rizki Winaldhi, Iga Bagus Jaya Wardana, dan I Gusti Bagus Adhiatma.

 

Tugas dan wewenang Tim Formatur KMHD Undip adalah sebagai berikut.

  1. Merumuskan rencana pembentukan KMHD Undip termasuk merumuskan maksud dan tujuan pembentukan KMHD Undip;
  2. Menggalang dukungan dari berbagai pihak mengenai rencana pembentukan KMHD Undip, baik dukungan dari mahasiswa Hindu Undip maupun pihak-pihak terkait lainnya;
  3. Mensosialisasikan, menggalang persetujuan, dan memperoleh masukan dari berbagai pihak terkait, mengenai pembentukan KMHD Undip;
  4. Menyelenggarakan pemilihan ketua KMHD UNDIP;
  5. Melakukan upaya-upaya agar UKM KMHD Undip terdaftar dan diakui oleh civitas akademika Universitas Diponegoro;
  6. Menetapkan ketua KMHD Undip yang pertama berdasarkan hasil pemilihan umum dari seluruh mahasiswa Hindu UNDIP; dan
  7. Merumuskan Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART) KMHD Undip untuk dibahas setelah KMHD Undip terbentuk.

Sejak 15 September 2012 sampai dengan pemilihan ketua KMHD Undip, Tim Formatur menyelenggarakan rapat-rapat, baik rapat internal Tim Formatur maupun rapat umum pemilihan ketua KMHD Undip.